Membuat Presentasi dengan Menggunkan Microsoft Producer


Membuat bahan presentasi dengan menggunakan Microsoft Producer mungkin belum terlalu sering digunakan bila dibandingkan dengan Microsoft Power point,,, nah untuk mengetahui cara membuat bahan presentasi dengan menggunakan Microsoft Producer,, silahkan ikuti langkah2 di berikut :
1. Pilih Template
Klik Start, All Programs, dan Microsoft Office, dan kemudian klik Microsoft Producer for PowerPoint 2003. Klik Use the New Presentation Wizard, dan kemudian klik OK. Pada halaman Welcome to The New Presentation Wizard, klik Next. Pada halaman Presentation Template, pilih template yang sesuai untuk training Anda. Jika ingin menggunakan video dan slide, pilih template yang menampilkan keduanya. Anda bisa mengganti template nantinya, jadi jangan khawatir jika Anda belum yakin apakah sudah memilih template yang sesuai. Jika video atau slide hanya untuk sebagian training, Anda bisa berpindah antartemplate pada waktu playback. Klik Next.

2. Masukkan Media
Pada halaman Choose a Prensentation Scheme, pilih font dan warna. Ini juga nanti bisa diganti. Klik Next. Pada halaman Presentation Information, masukkan keterangan mengenai presentasi, dan klik Next. Pada halaman Import Slides and Still Images, klik Browse untuk mengimpor presentasi PowerPoint Anda. Pilih presentasi, dan kemudian klik Next. Pada halaman Import or Capture Audio and Video, klik Browse untuk mengimpor media yang ingin digunakan. Pilih file media dan kemudian klik Next. Pada halaman Synchronize Presentation, klik Yes, dan kemudian klik Next. Pada halaman Complete Presentation, klik Finish.

3. JalankanTool Capture
Jika membuat CBT untuk melatih karyawan bagaimana menggunakan program komputer, Anda bisa menggunakan Producer untuk membuat video gambar layar yang bisa diberi narasi. Ini merupakan cara yang baik untuk mendemontrasikan bagaimana menyelesaikan tugas dengan suatu pada program, termasuk yang harus diklik. Persiapkan langkah yang ingin Anda lakukan dan di mana Anda akan mengklik. Jika Anda ingin memberi narasi, latihlah narasi Anda, dan jika diperlukan buat script. Untuk itu, klik Capture pada menu Tools.

4. Tes Mikrofon
Pada halaman Capture Video, Audio, or Still Images, klik Video screen capture with audio dan kemudian klik Next. Pada halaman Choose Capture Devices, pilih perangkat audio yang digunakan dan juga perangkat input-nya. Jika ingin memberi narasi, pilih Microphone. Pada waktu mengucapkan narasi, slider Input level akan naik. Tes mikrofon dengan berbicara di depannya. Jika level input terlalu rendah atau tinggi, atur slider supaya pas. Klik Next. Sampai di sini, Producer di-minimized dan hanya menampilkan Capture Wizard di dalam garis kotak berwarna biru.

5. Rekam Layar Monitor
Jalankan program yang ingin Anda rekam, dan ubah jendela program sehingga muat di dalam kotak biru. Untuk mengatur ukuran kotak, klik Video display size dan pilih ukurannya. Ingat, yang terbaik adalah ukuran yang kecil. Untuk memindahkan kotak, seret saja. Jika sudah siapuntuk mulai merekam, klik Capture. Jika Anda memberi narasi, jangan lupa untuk berbicara! Setelah selesai merekam video, klik Stop. Ketik nama untuk file video, dan kemudian klik Save. Pada Capture Wizard, klik Finish untuk kembali ke Producer.

6. Ubah Presentasi
Sekarang Anda mempunyai presentasi yang siap diubah. Di bagian bawah layar adalah timeline, yang bisa Anda gunakan untuk menyinkronisasi video, audio, slide, dan gambar. Pada tab Media, seret video, audio, slide, dan gambar ke track timeline yang sesuai. Seret item pada timeline untuk mengurutkan mereka. Klik tab Preview Presentation. Pada timeline, klik tombol Rewind Timeline (yang bergambar dua segitiga yang mengarah ke kiri) untuk kembali ke awal presentasi. Klik Play/Pause untuk melihat presentasi Anda. Jika ada klip yang perlu dipotong, klik Play/Pause, klik klip, dan kemudian seret sisi kiri atau kanan klip untuk memotongnya. Lanjutkan lihat presentasi Anda, dan buat revisi yang diperlukan.

7. Distribusikan Presentasi
Klik menu File, dan kemudian klik Publish Presentation. Publish Wizard muncul.Pada halaman Select a Playback Site, klik salah satu: My Computer, My Network Places, atau
Web server. Klik Next. Pada halaman Publishing Destination, masukkan informasi yang diperlukan. Klik Next. Pada halaman Presentation Information, klik Next. Pada halaman Publish Setting, klik Next. Pada halaman Publish Your Presentation, klik Next. Pada halaman Presentation Preview, klik Internet Explorer 5.0 or later for Windows. Pada waktu Internet Explorer menampilkan presentasi, klik Play untuk melihat presentasi. Keluarlah dari Internet Explorer. Pada halaman Presentation Preview, klik Finish. Sekarang Anda telah punya CBT.

0 comments:

Post a Comment